Apa itu mental health (kesehatan mental)

Mental Health    |    2 Maret 2020

Mental yang sehat adalah kalau kita merasa aman dan nyaman dengan pikiran kita sendiri. 

Beberapa orang menyebut kesehatan mental sebagai ‘kesehatan emosional’ atau ‘kesejahteraan emosional’ dan hal itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita.

Kalo kesehatan mental kita baik, kita akan bisa: 

  • Memanfaatkan potensi kita sebaik-baiknya
  • Mengatasi permasalahan kehidupan yang kita hadapi
  • Memainkan peran penuh di dalam keluarga, di tempat kerja, komunitas, dan di antara teman-teman kita.
  • Produktif dan semangat dalam menjalani hidup dan keseharian kita.

 

Tantangan dalam kesehatan mental. 

Kenyataannya adalah, kita biasanya mengalami beberapa tantangan dalam menjaga kesehatan mental kita.

Dan kesehatan mental kita juga bisa berubah dari waktu ke waktu. 

Faktor yang bisa sangat mempengaruhi kesehatan mental kita adalah saat kita mengalami situasi kehidupan yang bikin kita merasa susah, nggak bahagia dan kurang puas.

Keadaan itu pun bisa terjadi karna perubahan situasi atau gaya hidup, pola pikir yang sering berfokus pada masalah dan hal negatif lainnya, juga faktor gaya hidup seperti kurang tidur, nutrisi nggak teratur, dan juga faktor fisik seperti perubahan hormon, dsb. 

Hal-hal tersebut bisa membuat kita merasa bahwa menjaga kesehatan mental adalah sebuah perjuangan dan apabila tantangan kesehatan mental itu kita biarkan tanpa penyelesaian, dalam jangka waktu yang lama terkadang bisa menyebabkan penyakit atau gangguan mental. Sama seperti penyakit fisik yang nggak di obatin bisa makin lama makin parah, kondisi mental kita pun, kalau nggak di perbaiki, akan semakin memburuk.

Tantangan dalam kesehatan mental ini sebenernya sangat umum dan mempengaruhi sekitar sembilan juta orang di Indonesia.

Itu yang terdeteksi. Belum lagi, yang tidak terdeteksi.

Kadang orang-orang yang mengalami tantangan dalam kesehatan mental merasa takut dan kawatir bahwa nggak akan ada orang yang bisa ngertiin mereka, bahwa masalahnya ‘semuanya ada di kepala mereka’ – walaupun itu memang bisa jadi salah satu sumber terbesarnya – dan juga kekawatiran bahwa mereka nggak akan dianggap serius, atau bahwa apa yang mereka alami ini adalah hal yang nggak biasa atau nggak normal. 

Justru sebaliknya – banyak orang di sekitar kita pun mengalami masalah yang sama! Kondisi atau tantangan dalam kesehatan mental itu sangat normal! Dan menjaga kesehatan mental kita agar selalu sehat sama penting dan normal nya dengan kita menjaga kesehatan fisik kita, jadi, kalo kamu menghadapi tantangan dalam kesehatan mental (mental health), kamu gak perlu malu untuk cari bantuan ataupun hanya sekedar dukungan.

 

Yuk, dapatkan bantuan untuk kesehatan mental mu!

Kalo kamu mempunyai kekhawatiran, kecemasan dan perasaan tidak bahagia yang disebabkan oleh pola pikir atau keadaan hidupmu saat ini, atau kamu ingin dan sudah siap untuk melakukan perubahan hidup dan mengubah mindset mu, bicaralah dengan seorang life coach yang akan memberikanmu langkah-langkah praktis untuk membuat perubahan dalam mindset dan hidupmu menjadi lebih positif.  

Tapi kalau kamu merasa ada tantangan yang berat dalam kesehatan mental mu yang sudah mempengaruhi kesehatan fisikmu, bicaralah dengan dokter atau psikolog yang ahli di bidang kesehatan mental. Mereka akan menanyakan pertanyaan tentang suasana hatimu dan setiap pikiran atau perasaan aneh atau negatif yang mungkin lagi kamu alami, untuk membantu memahami apa yang salah dan membuat diagnosis. Kalau perlu mereka akan merujuk kamu untuk mendapatkan dukungan spesialis lebih lanjut.

Jangan takut atau ragu untuk meminta dukungan dan bantuan.

Karena orang-orang yang berani untuk meminta dukungan dan bantuan adalah orang yang kuat. Dan karena itulah tujuan kita semua di dunia ini, untuk saling membantu dan mendukung satu sama lain.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apa kamu udah daftar di superhelper?

Yuk daftar sekarang!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This