Pentingnya merawat & memperbaiki rumah

Rumah    |    26 Mei 2020

Memiliki rumah membutuhkan lebih banyak tanggung jawab daripada menyewa. 

Kalau ada sesuatu yang rusak, nggak ada orang lain yang akan datang dan memperbaiki masalahnya buat kamu (kecuali para pekerja yang kamu sewa untuk membantu memperbaiki permasalahan di rumahmu). Tapi itu berarti tanggung jawab menjaga rumah tetap bersih dan terawat adalah tetap merupakan tanggung jawab kamu sebagai pemilik rumah.

Makelar, pemberi pinjaman hipotek, dan banyak orang di Internet telah memberitahumu betapa pentingnya menjaga, merawat dan memperbaiki rumah, serta ribuan cara untuk melakukannya. 

Tetapi kenapa sih hal ini sangat penting? 

 

Perawatan rumah menghemat uang

Alasan pertama merawat rumah sangat penting adalah karena ini akan membantu kamu, pemilik rumah, untuk menghemat uang. Mungkin kamu berpikir “ah masa sih? Aku ngabisin begitu banyak waktu, uang, dan energi, ngeluarin uang untuk beli keperluan untuk merawat dan perbaikin rumah, gimana itu menghemat uang?”

Walaupun memang untuk merawat rumah perlu bantuan uang, dedikasi, dan kerja keras, dalam jangka panjang kamu akan mengeluarkan lebih banyak uang kalau kamu nggak melakukan pemeliharaan. 

Kenapa? Karena menurut buku tentang keuangan “Your Money: The Missing Manual”  oleh J.D Roth: Untuk setiap dollar (atau rupiah) yang kamu belanjakan untuk pemeliharaan preventif di sekitar rumah, kamu bisa menghemat sampai dengan $100 (atau sekitar satu juta rupiah) biaya yang akan perlu kamu keluarkan untuk perbaikan di masa mendatang. 

Karena misalnya suatu peralatan dalam rumahmu menyebabkan masalah kecil sekarang (contohnya filter kotor atau saluran tersumbat) kamu perlu memperbaikinya secepatnya supaya kamu nggak memiliki masalah yang lebih buruk dari waktu ke waktu dan mengembangkan menjadi masalah yang lebih besar (motor HVAC terbakar atau pipa pecah.)

Masalah-masalah yang lebih besar biasanya muncul karena pemilik rumah nggak mau mengeluarkan biaya perawatan rumah setiap bulan atau beberapa bulan sekali untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

 

Perawatan rumah membuat rumah kamu tetap efisien

Bagian terburuk dari pemeliharaan adalah hanya itu: pemeliharaan. Dibutuhkan menyelesaikan tugas berulang-ulang, dan sering kali, untuk menyediakan pemeliharaan untuk bagian kerja rumahmu. Ini seperti menyapu lantai setiap hari dan kadang beberapa kali sehari supaya lantai tetap bersih. Kalau nggak dilakukan, bayangin keadaan lantai kamu.

Sekarang pikirkan tentang seberapa sering kamu membersihkan peralatan dapur seperti oven, microwave, kulkas atau menghapus sumbat kamar mandi, mungkin nggak sesering kamu menyapu lantai, kan? Tapi kamu mungkin pakai alat-alat dapur ini hampir sesering kamu menggunakan lantai.

Sama seperti kamu harus terus menyapu lantai supaya tetap bersih, kamu harus membersihkan dan memelihara bagian atau hal lain dari rumah agar tetap bisa digunakan dengan baik. Kalau nggak, alat-alat ini akan memiliki kinerja yang kurang efisien.

Kalau kamu nggak membersihkan filter AC, kamu akan membayar lebih banyak gas atau listrik karena sistem AC mu akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan udara di rumahmu.

Kalau kamu nggak membersihkan koil penguapan di bawah kulkasmu, kamu akan lebih sulit menjaga makanan tetap dingin, dan menggunakan lebih banyak energi untuk melakukannya.

Saat kamu merawat rumahmu, kamu akan membuatnya tetap efisien, sekaligus menghemat uang dengan tagihan listrik yang lebih rendah.

 

Perawatan rumah meningkatkan nilai rumahmu

Mungkin kamu tau, saat kamu beli mobil baru, begitu kamu mengendarai mobil baru itu dan memarkirkannya, nilainya langsung turun. Nilai jual kembali berkurang semakin lama kamu mengendarai mobil dan semakin tua usia mobil itu.

Prinsip ini beda sama rumah, malahan kebalikannya! Makin lama kamu memiliki rumah itu, makin kamu bisa meningkatkan nilainya. Tentu aja, nilai-nilai rumah itu ditentukan dengan pasar real estate dan nggak hanya apa yang udah kamu lakukan untuk rumahmu, tetapi kamu masih tetap punya efek penting untuk nilai rumah kamu dengan merawat kondisi rumah.

Bagaimana cara kerjanya? Kalau kamu memutuskan untuk menjual rumah kamu besok, dan kamu nggak merawat rumah dan isinya, kamu akan menemukan bahwa laporan inspeksi rumah mungkin akan menunjukkan bahwa rumah kamu memiliki banyak masalah atau potensi masalah.

Pembeli akan menginginkan harga diskon tergantung pada masalah yang mungkin terjadi di rumah kamu, atau meminta kamu untuk mengganti atau memperbaiki sistem yang bisa membuat mereka kesulitan di masa depan. Apapun itu, kamu nggak akan mendapatkan lebih banyak uang dari penjualan rumah kamu kalau kamu nggak merawat rumah kamu dan menjualnya dengan kondisi nggak terawat.

Tapi, kalau kamu udah merawat rumah dengan baik, inspektur rumah / agen real estate akan menemukan lebih sedikit masalah yang harus kamu tangani, dan kemungkinan besar kamu akan mendapatkan lebih banyak uang karena nilai rumahmu menjadi lebih tinggi. 

 

Butuh bantuan merawat dan memperbaiki rumahmu sesuai dengan anggaran yang kamu punya? Post tugas aja di SuperHelper. Kamu bisa langsung dapetin penawaran perawatan dan perbaikan rumah di daerahmu!

 

Jaminan dan perawatan rumah

Jaminan rumah dan asuransi rumah umumnya nggak mencakup kerusakan yang disebabkan oleh kurangnya perawatan. Kamu bisa kesulitan menemukan perusahaan asuransi rumah yang akan menutupi banjir di loteng atau atap kalau ternyata kamu nggak pernah membersihkan selokan atau saluran pembuangan air yang tersumbat, yang menyebabkan banjir.

Prinsip yang sama berlaku untuk garansi rumah: kalau kamu nggak pernah mengganti filter selama bertahun-tahun pada sistem AC kamu dan kipas terbakar karena terlalu banyak tekanan, garansi rumah umumnya nggak akan mencakup perbaikan atau penggantian.

Kenapa jaminan rumah membuat kamu memelihara sistem/peralatan rumahmu? Kamu harus menyelesaikan perawatan pada sistem dan peralatanmu supaya tetap dalam kondisi kerja yang baik dan memperpanjang masa hidup peralatan itu. Sebagian besar perusahaan garansi rumah hanya memperbaiki atau mengganti sistem dan peralatan kalau pemilik rumah udah mencoba merawatnya dan tetap ditemukan kerusakan.

Hal terbaik dari jaminan rumah adalah bahwa kalau kamu melakukan yang terbaik untuk membersihkan dan memelihara sistem dan peralatanmu di rumah, saat mereka menjadi tua dan usang karena usia, kamu akan bisa menghemat jutaan rupiah. Jaminan rumah akan memperbaiki atau mengganti sistem lama kamu dengan biaya panggilan layanan flat-rate.

 

Kalau kamu butuh bantuan untuk merawat rumah, langsung post tugas aja di SuperHelper. Kamu bisa langsung dapetin penawaran dari ahlinya dengan harga yang terjangkau!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apa kamu udah daftar di superhelper?

Yuk daftar sekarang!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This