10 Strategi pemasaran bisnis online

Marketing, Bisnis    |    6 Juni 2020

Strategi pemasaran online yang kuat akan membantu kamu meningkatkan omset bisnismu.

Berikut ini adalah beberapa strategi digital yang udah terbukti efektif dalam membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja pemasarannya. 

Kalau kamu udah melakukan beberapa strategi pemasaran ini atau udah mempekerjakan online marketer atau digital marketing strategist, berarti kemungkinan besar kamu udah berada dalam perjalanan untuk menciptakan strategi pemasaran online yang konkret untuk bisnis kamu yang pastinya akan membantumu mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan ke dalam bisnismu, sambil terus mempertahankan pelanggan yang udah ada.

 

1. Berinvestasi di web desain

Nggak banyak yang berpikir bahwa desain web merupakan sebuah taktik pemasaran, tetapi ternyata desain website yang bagus bisa mempengaruhi jumlah waktu dan perhatian yang akan dihabiskan oleh para pengguna website kamu. Situs webmu akan menjadi pusat dari semua upaya pemasaran digitalmu, jadi kalau halaman websitemu berantakan, susah dibaca, dan nggak menarik, seberapa banyakpun waktu yang kamu habiskan untuk pengembangan strategi bisnismu akan sia-sia, karena kamu akan kehilangan banyak pelanggan. 

Kalau kamu nggak punya keterampilan desain yang cukup untuk membuat desain web yang bagus sendiri, mungkin udah saatnya kamu hire seorang web designer untuk membuat situs web yang berfungsi baik, modern dan menarik perhatian. Dengan post tugas di SuperHelper. Kamu bisa langsung dapetin penawaran dari para web designer profesional di daerahmu, yang sesuai dengan anggaran kamu! Asyik kan!

 

2. Pakai pemasaran dan pengoptimalan alat pencari

Pemasaran dan optimisasi alat pencari adalah bagian dari apa yang membantu membuat bisnis kamu tampil lebih tinggi pada daftar hasil mesin pencari seperti google. Dengan strategi SEO yang kuat, situs web perusahaanmu akan dikaitkan dengan kata kunci yang digunakan untuk menemukan layananmu. Ini meningkatkan peluangmu menjadi perusahaan yang dipilih seseorang untuk bekerja setelah melakukan pencarian online.

 

3. Program afiliasi dan asosiasi

Dengan program afiliasi, orang-orang yang percaya pada perusahaanmu bisa membagikan informasimu dan menumbuhkan pasarmu pada platform berbasis komisi. Program afiliasi atau rekanan mungkin nggak cocok untuk semua bisnis. Tapi, kalo kamu menggunakan strategi ini, kamu bisa dengan cepat akan melihat upaya pemasaran kamu meningkat tanpa perlu melakukan banyak hal sendirian.

 

4. Sewa seorang coach atau konsultan

Kalau kamu bukan seorang ahli dalam pemasaran digital dan internet, tanyakan kepada seseorang yang ahli di bidang pemasaran digital dan internet. Banyak pelatih pemasaran internet dan konsultan yang tersedia untuk kamu, banyak dari mereka bisa ngasih kamu konsultasi tentang apa yang harus kamu ubah untuk mencapai kesuksesan. Untuk pemilik usaha kecil yang perlu fokus pada sistem bisnis lain, pelatih atau konsultan bisa sangat membantu.

Post aja tugas di SuperHelper. Kamu akan langsung dapetin penawaran dari para konsultan pemasaran digital dan internet di daerahmu, yang sesuai sama anggaran kamu!

 

5. Gunakan email pemasaran

Nggak cukup hanya mengirim email. Kamu juga perlu mempertimbangkan berbagai daftar email yang memenuhi kebutuhan spesifik setiap individu dan bisa memberikan pendekatan yang personal untuk kampanye marketingmu. Perhatikan kebiasaan pembelian pelangganmu dan gunakan informasi itu untuk mengembangkan strategi marketing onlinemu.

 

6. Buat daftar email keikutsertaan

Daftar email opt-in memungkinkan pelanggan untuk datang ke bisnismu dan mendaftar untuk menerima korespondensi email. Ini memungkinkan kamu untuk terhubung dengan pelanggan potensial dan klien saat ini.

 

7. Bekerjasama dengan blogger atau media online

Bekerjalah dengan profesional para media atau blogger untuk memasukkan bisnismu ke dalam artikel dan berita tentang topik yang terkait dengan apa yang kamu lakukan di dalam website mereka. Ini nggak hanya akan membantu menjadikan kamu sebagai pakar terpercaya, tetapi juga akan memperkenalkan bisnis kamu ke basis orang yang lebih luas lagi.

Perlu menyewa jasa PR atau jurnalis? Post aja tugas di SuperHelper. Kamu akan langsung dapetin penawaran dari para ahli PR dan jurnalis di daerahmu, yang sesuai sama anggaran kamu!

 

8. Menulis siaran pers online

Saat kamu menggunakan siaran pers online, kamu bisa menyebarkan informasi mengenai bisnis kamu secara formal di dunia internet yang memungkinkan surat kabar, blog, atau sumber media lainnya untuk melihat informasi kamu dan menulis posting tentang perusahaan kamu melalui situs web atau media sosialmu.

 

9. Adakan kontes dan undian berhadiah

Orang-orang biasanya sangat suka mengikuti sebuah kontes dan undian berhadiah. Kapanpun kamu bisa mendorong promosi dari pelanggan kamu dengan imbalan produk atau layanan gratis (seperti bagi-bagi merchandise kaos/topi/gelas dengan lambang logo perusahaanmu) kamu biasanya akan melihat lonjakan pembelian atau koneksi baru.

 

10. Kembangkan blog

Sebuah blog penting untuk dipelihara karena beberapa alasan, yaitu bukan hanya blog memungkinkan kamu untuk secara konsisten memposting kata kunci baru dan mengoptimalkan strategi mesin pencarimu, tapi juga blog menjadi tempat kamu untuk membagikan saran, informasi, promosi sebuah produk atau layanan dan juga salah satu tempat dimana kamu bisa menjadi lebih terhubung dengan pelangganmu. Hubungan abadi yang loyal dengan pelanggan dimulai dengan kepercayaan, dan blog adalah salah satu cara yang paling bagus untuk membangunnya.

Kamu perlu menyewa jasa copywriter atau jasa digital marketing untuk membantumu memasarkan produk atau layananmu? Post tugas aja di SuperHelper dan langsung dapetin penawaran dari para copywriter dan marketing digital profesional yang sesuai sama anggaranmu!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apa kamu udah daftar di superhelper?

Yuk daftar sekarang!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This