7 Tips sukses marketing yang kamu perlu tau

Marketing, Bisnis    |    5 Juni 2020

Dunia marketing udah banyak berubah, terutama sejak adanya teknologi. Tapi beberapa hal masih tetap sama, salah satunya adalah karakteristik pola pikir seorang marketer yang hebat.

Marketing adalah satu bidang yang berperan penting untuk sebuah perusahaan. Karena fungsi marketing sangat banyak, salah satunya adalah untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan, dan memperbanyak konsumen dan juga untuk menguasai pasar yang akan menentukan besarnya pemasukan sebuah perusahaan. 

Semakin besar pemasukan yang didapatkan, tentunya perusahaan itu akan semakin berkembang.

Berikut adalah 7 tujuh tips sukses untuk kamu yang ingin bisa sukses menjalani profesi dalam bidang marketing:

 

1. Buat strategi dan target konsumen

Buatlah kegiatan promosi yang bisa menarik minat pelanggan. 

Misalnya dengan memberikan potongan harga, menawarkan bonus untuk jumlah pembelian tertentu, undian berhadiah pada event-event khusus, atau mengadakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai pesertanya. Seperti menjadi sponsor utama pada acara-acara kegiatan dan komunitas serta acara lainnya yang bertujuan membangun loyalitas konsumen.

Tentukan juga target dan segmentasi pasar antara produk dan konsumen, seperti produk A cocok untuk konsumen tingkat apa dan buat strategi serta target yang harus kamu raih dalam melakukan kegiatan pemasaran tersebut.

 

2. Menguasai product knowledge

Satu-satunya cara supaya kamu bisa meyakinkan pembeli atau klien adalah dengan memberikan informasi lengkap yang relevan sesuai dengan kebutuhan pembeli mengenai produk tersebut. Dengan mengetahui segala informasi tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan, kamu akan lebih gampang meyakinkan para calon konsumen.

Berikan informasi dengan jelas tentang kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, dan harga produk kepada calon konsumen supaya mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan.

 

3. Memahami perilaku konsumen

Sebelum menawarkan produk atau jasa ke konsumen, terlebih dahulu tentukan target pasar yang kamu targetkan. Bisa jadi kamu mentargetkan komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.

Pastikan bahwa kamu memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Karena itu seorang marketing yang cerdas harus kenali dulu perilaku konsumen yang kamu targetkan untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

 

4. Memperluas jaringan bisnis dan pertemanan

Memiliki jaringan bisnis yang cukup luas tentunya akan memudahkanmu dalam menjalankan usaha. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jaringan bisnis yang kamu miliki. Mulai dari peluang kerja sama di bidang permodalan, memudahkan kamu dalam pemasaran bisnis.

Gak menutup kemungkinan bahwa beberapa kendala dalam menjalankan usaha bisa terselesaikan melalui bantuan jaringan bisnis yang udah kamu bangun dengan baik. Semakin luas jaringan yang kamu punya, makin bertambah besar peluang untuk mendapatkan calon konsumen baru. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuka jaringan baru dan perluas pengetahuan kamu untuk mendapatkan pelanggan baru, ya!

 

5. Memperhatikan respon konsumen

Terkadang para pelanggan memberikan respon berbeda-beda terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Kalau pelanggan puas dengan produk atau layananmu, cantumkan respon atau testimonial itu sebagai bukti nyata untuk memperkuat keunggulan produk yang ditawarkan. Tapi kalau respon konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi kamu untuk mencapai hasil yang lebih baik kedepannya.

 

6. Selalu bersikap optimis dan pantang menyerah

Optimis dan pantang menyerah merupakan kunci utama kesuksesan kamu sebagai seorang pelaku marketing.

Di kejar-kejar target perusahaan atau mengalami penolakan dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus dialami oleh setiap marketer. Seorang marketer sejati harus selalu optimis dalam melayani konsumen dan pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangatmu kepada calon pelanggan menjadi magnet yang kuat, sehingga konsumen yakin memilih produk atau jasa yang kamu pasarkan.

 

7. Memiliki keterampilan berkomunikasi dengan baik

Setiap pekerjaan pasti membutuhkan komunikasi baik dari sesama penjual ataupun dari penjual kepada pembeli. Begitupun dengan pemasaran bisnis yang membutuhkan komunikasi yang baik antara para penjual dengan pembeli.

Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Kalau kamu sebagai pelaku bisnis bisa membangun komunikasi yang baik kepada para pembeli, kamu akan bisa dengan gampang membujuk mereka untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

 

Butuh menyewa jasa marketing? Post tugas aja di SuperHelper dan langsung dapetin penawaran dari para profesional di bidang marketing di daerahmu yang sesuai sama anggaranmu!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apa kamu udah daftar di superhelper?

Yuk daftar sekarang!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This