10 tips untuk menjaga kesehatan mental

Mental Health    |    4 Maret 2020

Bagian penting dari menjaga kesehatan dan kesejahteraan hidup kita adalah dengan menjaga kesehatan mental kita. 

 

Sama seperti kesehatan fisik kita yang perlu dijaga, kesehatan mental kita pun perlu dijaga, supaya kita bisa menjalani hidup sepenuhnya dan menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri yang bahagia dan sejahtera.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental kita, beberapa dari hal itu adalah:

1. Tidur yang cukup

Kedengerannya emang simpel, tapi ini penting banget loh!

Banyak orang-orang yang mengalami gangguan tidur juga mengalami gangguan mental.

Karena tidur itu sangat penting bukan hanya buat kesehatan fisik kita, tapi juga kesehatan mental kita!

Tidur membantu mengatur zat kimia di otak yang mengatur hormon, suasana hati dan emosi kita. Jadi kalau kita kurang tidur, kita bisa merasa tertekan ataupun cemas. Makin lama kurang tidur, makin kacau hormon, suasana hati dan emosi kita. Jadi, pastikan tidurmu cukup dan teratur ya!

2. Perbaiki asupan gizi

Gizi yang baik bukan hanya penting buat tubuh kita, loh, tapi juga buat pikiran kita. 

Kekurangan mineral tertentu, seperti zat besi dan vitamin B12, bisa bikin suasana hati dan energi kita turun. 

Kita akan cepat merasa capek dan cepat marah kalo badan kita kekurangan gizi. 

Coba deh makan makanan yang lebih bernutrisi, mengandung banyak serat dan kurangi makan makanan olahan. Kalau kamu belum terbiasa makan sehat, paling nggak tambahin konsumsi buah dan sayur yang kamu suka dalam diet mu, atau ganti 1 makanan kamu dengan makanan yang berbasis nabati untuk nambahin asupan sayuran mu. 

Kalo kamu lagi merasa stres atau sering merasa cemas, kamu perlu batasi dan, lebih baik lagi, stop mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein karena ini bisa bikin kamu makin gelisah dan cemas.

 

3. Hindari alkohol, merokok, dan narkoba

Menurut riset, alkohol, merokok dan narkoba bisa sangat berdampak buruk bagi kesehatan mental mu. 

Saat seseorang merasa tertekan atau stress, kadang coping mechanism (mekanisme pertahanan diri/cara seseorang menghadapi sebuah tantangan dalam hidup – atau sering juga disebut pelarian) mereka adalah dengan mengkonsumsi substansi seperti alkohol/rokok/narkoba. 

Walaupun efek dari substansi tersebut bisa menenangkan – secara sementara – tapi substansi itu juga bisa bikin seseorang merasa lebih tertekan dan cemas setelahnya, dan kalau dikonsumsi berlebihan malahan bisa membuat kita kehilangan konsentrasi dan dampak yang lebih buruk lagi dari sebelum kita mengkonsumsi substansi itu! 

Jadi, carilah coping mechanism yang lebih sehat dan tanpa efek samping ya seperti olahraga, meditasi, dengerin musik, bersosialisasi, melakukan hobi, menulis jurnal ataupun bicara dengan seorang life coach/terapis/dokter/psikolog yang bisa membantu kamu mengelola stress dengan lebih baik lagi.

4. Kelola stres dengan baik

Nah, masih ngebahas soal stress nih.

Stres seringkali nggak bisa dihindari, tetapi mengetahui apa yang memicu stres dan mengetahui cara mengatasinya adalah kunci dalam menjaga kesehatan mental.

Cobalah untuk mengelola tanggung jawab dan kekhawatiran kamu dengan membuat daftar atau jadwal kapan kamu akan menyelesaikan setiap masalah. 

Seringkali kalau kamu menggali kekhawatiran dan stres kamu dan menuliskannya, kamu akan menyadari bahwa tantangan yang kamu hadapi itu nggak sebesar yang kamu bayangkan dan bisa dikelola dengan baik. 

Cobalah untuk menghindari keinginan untuk lari dari masalah dan mulai mengatasi masalah yang lagi kamu hadapi. Kalo kamu nggak bisa tidur, atau terbangun memikirkan hal-hal yang bikin kamu merasa stres, tulis dan yakinin diri kamu bahwa kamu bisa menghadapinya esok hari.

Kalau kamu merasa kesulitan dan butuh bantuan, seorang Life Coach bisa membantu kamu untuk menggali dan mencari tau langkah-langkah untuk menyelesaikan tantangan yang kamu hadapi.

5. Dapatkan banyak sinar matahari

Sinar matahari adalah sumber vitamin D. Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh dan otak kita. 

Vitamin ini membantu otak kita untuk melepaskan zat kimia yang meningkatkan suasana hati kita, seperti endorfin dan serotonin. Cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari kalau kamu bisa, tapi pastikan kamu menjaga kulit dan mata supaya tetap aman ya. Pakai sunscreen alami seperti coconut atau olive oil (karena kebanyakan sunscreen yang dijual di toko mengandung banyak bahan kimia yang malah menyebabkan penyakit kulit di kemudian hari).

30 menit hingga dua jam sehari sinar matahari sangat ideal. 

Di luar negeri, selama musim dingin, beberapa orang menjadi depresi karena mereka tidak mendapatkan cukup sinar matahari – ini dikenal sebagai Seasonal Affective Disorder (SAD). Beberapa orang bahkan menggunakan lampu terapi cahaya khusus membantu meringankan gejala SAD mereka!

Jadi, jangan suka mager dan diam di dalam ruangan seharian ya, pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin D alami – dan gratis! – dari sinar matahari.

6. Beraktivitas dan olahraga

Aktivitas dan olahraga sangat penting dalam menjaga kesehatan mental yang baik. 

Menjadi aktif bukan hanya akan membuat kita merasa produktif dan merasa punya pencapaian, tetapi juga meningkatkan zat kimia di otak yang membantu kita merasa dalam suasana hati yang baik dan bikin kita semangat.

Berolahraga bisa membantu menghilangkan suasana hati yang lagi nggak oke, cemas, stres dan perasaan capek dan malas. 

Karena Emotion (emosi) adalah E-Motion, alias, energi yang bergerak! Jadi, kalau kita mau mengubah energi/emosi kita, kita perlu lebih banyak bergerak.

Berolahraga juga dikaitkan dengan jangka hidup yang lebih panjang loh!

Kita nggak perlu berlari maraton atau bermain sepakbola selama 90 menit – walaupun kalau kamu mau dan suka, silahkan aja lakukan, tapi jalan pagi/sore sambil dengerin musik, stretching (meregangkan badan), dance (menari), main bulu tangkis/bola pingpong/basket atau yoga selama 15 menit dan aktivitas santai lainnya pun bagus dan bermanfaat, apalagi dibandingin dengan nggak ngelakuin apa-apa sama sekali!

Jadi, apa aktivitas atau olahraga favorit kamu? Mulai dijalanin lagi secara rutin ya.

7. Lakukan sesuatu yang kamu suka

Kadang kita terlalu sibuk sama pekerjaan kantor dan rumah, juga tanggung jawab lainnya sampai kita lupa melakukan hal-hal menyenangkan yang kita suka. 

Coba deh luangkan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan yang kamu suka. 

Kalo kamu suka jalan-jalan, melukis, atau nonton acara TV tertentu, coba luangin waktu lebih untuk melakukan itu. Kalo kita nggak meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kita sukai, kita bisa menjadi mudah kesal dan nggak  bahagia, dan akhirnya jadi gak semangat dan gak produktif dalam melakukan hal-hal yang kita perlu lakukan.

Apa aja hobi kamu? Apa yang kamu suka lakukan? Pastikan kamu melakukan hal itu kalaupun nggak setiap hari, paling nggak satu atau beberapa kali dalam seminggu, supaya kamu bisa lebih menikmati hidupmu!

8. Bergaul dan bersikap ramah

Berusahalah untuk mempertahankan hubungan baik dengan teman dan keluarga dan bergaullah dengan orang lain kapan pun kamu punya kesempatan. 

Mempunyai kenalan, teman dan sahabat itu penting bukan hanya untuk networking pekerjaan atau bisnismu, tetapi juga untuk menjadi support system (sistem dukungan) disaat kamu lagi memerlukan bantuan dalam hal apapun. Semakin banyak kenalan, teman dan sahabatmu, semakin banyak orang yang bisa membantumu saat kamu lagi memerlukan sesuatu!

Penelitian menemukan bahwa berbicara dengan orang lain hanya dalam sepuluh menit bisa meningkatkan daya ingat dan bahwa orang yang senang bergaul dan bersikap ramah terhadap orang lain, mempunyai tingkat kebahagiaan lebih tinggi!

Jadi, mulailah perbesar ruang lingkup pergaulan mu dan bersikap ramah lah ke orang lain, kapanpun dan dimanapun kamu berada.

9. Lakukan sesuatu untuk orang lain

Membantu orang lain nggak hanya baik untuk orang yang dibantu, tapi baik buat kamu juga. 

Membantu seseorang bukan hanya akan membuatmu lebih bersyukur karena menyadari bahwa banyak orang di dunia ini yang juga mengalami tantangan hidup yang sama atau bahkan mungkin lebih berat darimu, tapi juga akan meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri mu.

Saat kamu membantu orang lain, kamu juga akan merasa bangga dengan diri kamu sendiri dan semakin merasa menjadi bagian dari lingkungan mu. 

Dan perasaan dibutuhkan dan berguna untuk orang lain adalah bagian yang sangat penting untuk kesehatan mental kita. 

Karena orang-orang yang mengalami tantangan dan gangguan mental kebanyakan adalah orang-orang yang merasa dirinya tidak berguna, tidak dibutuhkan dan tidak cukup baik.

Jadi, mulailah melakukan sesuatu yang berguna untuk orang lain. Jadilah sukarelawan untuk beramal, atau sesimpel memberikan senyum ke orang lain dan bersikap ramah ke siapapun orang yang kamu temui tanpa pamrih, dan rasakan kamu pun akan merasa lebih bahagia dari sebelumnya!

10. Meminta bantuan

Salah satu cara paling penting untuk menjaga kesehatan mental kita adalah menyadari kapan kamu merasa nggak oke, dan tau kapan harus meminta bantuan. 

Kamu nggak perlu merasa malu untuk meminta dukungan atau bantuan seseorang saat kamu merasa lagi down atau stres. 

Semua orang melewati saat-saat dimana mereka merasa nggak sebaik yang “seharusnya” mereka rasakan. 

Kita bisa mencoba berbicara dengan teman atau keluarga, atau kalau kamu merasa mulai mendapatkan tantangan dalam menjaga kesehatan mental mu, bicaralah dengan seorang profesional seperti life coach, konselor, psikolog atau dokter mu yang mengerti mengenai mental health.

Kalau kamu masih merasa malu untuk bertanya atau meminta bantuan, inget kata-kata mantan presiden Amerika ini:

Jangan takut untuk bertanya. Jangan takut untuk meminta bantuan saat kamu membutuhkannya. Saya melakukan itu setiap hari. Meminta bantuan bukanlah tanda kelemahan, itu adalah tanda kekuatan. Itu menunjukkan bahwa kamu memiliki keberanian untuk mengakui saat kamu tidak tahu sesuatu, dan untuk belajar sesuatu yang baru.

Barack Obama

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apa kamu udah daftar di superhelper?

Yuk daftar sekarang!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This